Jumat, 26 Maret 2010

knp dipisah2? krn kita sayang bumi ini. ya ngga?? :)

ok, post ini terinspirasi sama teman saiia, eli, yang ngepost juga ttg hal yang sama. yah, kurang lebih mirip lah.

for the start... gw pgn nyeritain dimana suatu pagi, gw lagi beli sarapan di koperasi kampus. sarapan gw itu risol yang dibungkus sama plastik kecil, yang juga berisi 2 cabe. berhubung gw buru2 dan dosennya dah maw masuk, gw makan tu risol sambil jalan. di tengah jalan (karena mulut gw lumayan gede), tu risol abis tapi gw kaga makan cabenya. karena tong sampah di atma dipisah organik dan non organik, gw cemplungin cabe ke tong sampah organik smntara plastiknya non organik. orang yang lagi duduk di deket situ bengongin tingkah gw. --"

lalu, satu kisah lg dr temen gw, crystal. dia salah satu supporter WWF secara online, dan juga orang yang suangat2 peduli sama lingkungan. suatu waktu, dia lagi dikantin, makan batagor (kalo ga salah) pake wadah plastik. pas selese, kuah kacang nya masih ada. lalu dia nuang kuah kacangnya di bagian organik sementara buang wadahnya di bagian non organik. "Ih Tal~~! ngapain si ampe segitunya??? repot tauk... kenapa ga buang semuanya aja di satu tempat???" temen si Crystal protes. crystal cm bsa swt...

ok, mungkin 2 kisah ini banyak di sekitar kita. ato malah sedikit, gw ga tau. yang jelas, ga ada salahnya untuk buang sampah pada tempatnya. and i mean really in their place. sampah basah untuk sampah basah, yang kering ya buat yg kering. hal itu dibuat sedemikian rupa bukan untuk ngerepotin kita, cuma buat ngurangin kesusahan bumi ini ngolah sampah2 yang udah kita buat. bayangin klo tempat penampungan sampah udah ga cukup lagi, overload. mau dikemanain itu sampah bergunung2? paling bagus kan didaur ulang, guys... ya kan? nah pemisahan sampah ini bertujuan untuk itu :)

so saran gw, mulai deh peduli ama lingkungan... pegangin tuh sampah, paling ngga sampe lu liat ada tong sampah yang sesuai terus lu buang. jangan dibuang di pinggir jalan ato di tumpukan sampah yang ga jelas... klo ga mulai dari diri kita, mau tunggu siapa lagi? bumi cuma satu, jangan sampai kita kehilangan dia... :)

Tidak ada komentar: